Al-Kautsar

Warga Desa Karangmelok pasti masih asing jika mendengar nama salah satu lembaga desa yang dapat disebut dengan Al-Kautsar. Al-Kautsar berdiri berkat ide dari Kepala Desa Karangmelok yaitu Kuswijaya. Al-Kautsar masih tergolong lembaga yang sangat baru di Desa Karangmelok. Nama Al-Kautsar tersebut juga baru dibuat pada tanggal 8 Agustus 2018 kemarin. Al-Kautsar merupakan Lembaga amal dan shodaqoh yang berada di desa Karangmelok yang diketuai oleh Ustadz Yudi (warga Dusun Krajan).

Lembaga amal di Desa Karangmelok pada awalnya hanyalah sebuah rencana dan tidak berjalan karena kesibukan dari masing-masing pengelola. Pada akhirnya kepala Desa Karangmelok memberitahukan hal inikepada mahasiswa KKN Universitas Jember mengenai rencana pengadaan lembaga amal tersebut beserta dengan kendalanya sehingga adik-adik KKN membantu merealisasikannya dengan mengadakan pertemuan seluruh pengurus dari lembaga amal yang sudah dibentuk sebelumnya. Hasil pertemuan tersebut diantaranya adalah rencana serangkaian kegiatan Al-Kautsar, cara menghimpun dana, cara sosialisasi kepada masyarakat Desa Karangmelok, dan lain sebagainya. Pengurus lembaga amal juga meminta bantuan adik-adik KKN untuk mencarikan nama yang cocok untuk lembaga amal lengkap berserta logonya. Berdasarkan persetujuan dari semua pihak, maka lembaga amal Desa Karangmelok memiliki nama Al-Kautsar.

Al-Kautsar sendiri memiliki 2 arti yang diantannya adalah:

  1. Al-Kautsar dalam bahasa arab berarti nikmat yang banyak
  2. Al-Kautsar merupakan singkatan dari Kelompok Amal Usaha Shodaqoh Karangmelok

Struktur pengurus Al-Kautsar terdiri dari:

Tujuan dari Al-Kautsar adalah untuk menyadarkan masyarakat akan infaq dan sedekah. Kegiatan infaq dan shodaqoh yang dikelola oleh Al-Kautsar sendiri belum berjalan dan masih dalam proses pembuatan rekening. Pembuatan rekening tersebut masih terkendala dengan keterbatasan waktu dari pengurus untuk menurunkan surat keputusan dan pembuatan stempel Al-Kautsar. Lembaga Al-Kautsar juga belum melakukan sosialisasi ke warga Desa Karangmelok. Al-Kautsar berencana akan melakukan sosialisasi jika kartu rekening Al-Kautsar sudah jadi. Cara sosialisasi akan dilakukan dengan mendatangi seluruh RK muslimat Desa Karangmelok. Teknik menghimpun dana juga sudah difikirkan oleh pengurus yaitu dengan menugaskan kader-kader PKK dan posyandu menggunakan kotak amal ke pertemuan RK yang kemudian di setorkan ke pengurus.

0 0 0
Lewat ke baris perkakas