Budidaya Bunga Anggrek

Desa Karangmelok terletak di ujung selatan kabupaten Bondowoso di Kecamatan Tamanan.  Di desa ini, Anggrek merupakan sebuah tanaman yang cukup mahal atau bernilai rupiah tinggi. Ada sebagian warga di desa ini yang membudidayakan bunga Anggrek sebagai penyalur hobi tanaman hias, dan juga dijadikan sebagai penambah penghasilan. Dicanangkannya Desa Karangmelok sebagai kampung Anggrek, tak lepas dari kreatifitas tangan dari ibu-ibu di desa ini untuk mengisi waktu luangnya, contohnya seperti seoarang ibu Ida dan ibu Ifa.

Bagi mereka, membudidayakan Anggrek adalah suatu hobi sekaligus peluang kerja yang dapat dilakukan dirumah dengan penghasilan yang menjanjikan. Bermula pada tahun 2017, ibu Ida yang memiliki hobi menanam bunga, iseng-iseng mengikuti pelatihan membudidayakan Anggrek di kota Malang bersama ibu Ifa yang sebelumnya sudah membudidayakan Anggrek terlebih dahulu daripada ibu Ida. Dari situ kemudian ia mulai tergerak untuk merawat dan membudidayakan bunga Anggrek pula hingga sekarang ini.

Kini ibu Ida memiliki sekitar tiga jenis bunga Anggrek lengkap dengan keunikannya masing-masing, begitu pun juga dengan ibu Ifa. Dari sebatas hobi, kini Anggrek yang ditanam oleh ibu Ifa sudah dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah, anggrek yang masih menjadi bibit dijual dengan harga sekitar Rp.10.000,-, sedangkan yang sudah berbunga menghasilkan uang sebesar Rp. 150.000,- . Disisi lain, ibu Ida masih belum bisa menjualnya kepada masyarakat karena umur tanaman yang dia miliki masih 1 bulan dan belum tahu pasti bisa berbunga atau tidak.

Melihat minat setiap orang akan keindahan bunga Anggrek yang seiring dengan berkembangnya teknologi saat ini, ibu Ifa berinisiatif memasarkan  bunga Anggreknya di media online dimana pangsa pasar yang ada di online lebih luas jika dibandingkan dengan pemasaran offline. Hal ini dikarenakan media online, khususnya media sosial, dapat menfasilitasi adanya  interaksi dan komunikasi lebih mudah dan cepat menyebar. Media sosial yang digunkan untuk memasarkan bunga Anggrek oleh ibu Ifa adalah Facebook yang mana aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang mudah untuk diakses sebagai tempat promosi dan dapat dijadikan sebagai pasar online. Dengan menggunakan media sosial sebagai tempat pemasaran, ibu Ifa dapat memiliki peluang lebih besar dalam meningkatkan omset keuntungan dari penjualan bunga Anggreknya.

0 0 0
Lewat ke baris perkakas