Mata Pencaharian

Mata pencaharian dapat diartikan sebagai suatu pekerjaan yang dilakukan secara rutin dan merupakan sumber penghidupan bagi manusia. Mata pencaharian penduduk di setiap wilayah berbeda-beda, hal ini dilihat dari kondisi atau letak geografis, penyebaran penduduk yang tidak merata, dan latar belakang pendidikan penduduk. Faktor-faktor tersebut juga akan mempengaruhi corak kehidupan penduduk setempat. Berdasarkan ciri yang dimiliki, corak kehidupan penduduk dibagi menjadi dua, yakni corak kehidupan tradisional (sederhana) dan corak kehidupan modern (kompleks).

Corak kehidupan penduduk tradisional memiliki ciri mata pencaharian yang berkaitan dengan pemanfaatan lahan dan sumberdaya alam, seperti pertanian, peternakan, perkebunan, dan lain sebagainya. Sedangkan corak kehidupan modern, umumnya lebih mendekati pada sektor-sektor yang tidak terlalu berhubungan dengan pemanfaatan lahan dan sumberdaya alam, seperti jasa, tranportasi, dan pariwisata. Melihat dari letak geografis Indonesia yang merupakan negara agraris, maka tak dapat dipungkiri lagi bahwa mayoritas mata pencaharian masyarakatnya sangat berkaitan dengan pemanfaatan sumberdaya alam khususnya di bidang pertanian.

Desa Karangmelok yang terletak di Kecamatan Tamanan, Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur termasuk desa yang dapat dikategorikan ke dalam corak kehidupan tradisional (sederhana) dimana mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai buruh tani dan petani. Berikut tabel mata pencaharian penduduk di Desa Karangmelok:

Mata Pencaharian Jumlah
Buruh tani 772
Petani 326
Pedagang 27
PNS 20
Swasta 15
Perikanan 3
Jumlah 1163

 

Berdasarkan tabel diatas, dapat disimpulkan bahwa dari 1.163 jiwa penduduk yang ada di Desa Karangmelok, mayoritas bermata pencaharian yang berkaitan dengan pemanfaatan sumberdaya alam. Buruh tani di Desa Karangmelok menempati urutan pertama yang memiliki jumlah 772 penduduk. Hal ini dikarenakan sebagian besar pemilik lahan pertanian di Desa Karangmelok merupakan penduduk di luar desa, sehingga penduduk  di Desa Karangmelok  yang menjadi petani penggarap. Mata pencaharian sebagai petani maupun buruh tani ini, selain dari keahlian yang dilakukan secara turun temurun juga didukung oleh kondisi lahan desa yang cocok untuk pertanian.

0 0 0
Lewat ke baris perkakas