Pendidikan

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan, sebab dengan mengenyam bangku pendidikan manusia dapat meningkatkan pengetahuan dan menggali potensi yang ada dalam dirinya. Sehingga peran sekolah memiliki nilai yang sangat penting dalam menunjang pendidikan disuatu daerah terutama di desa terpinggir. Perkembangan pendidikan di daerah desa pada umumnya banyak orang yang menilai jauh dari kata layak. Namun, tidak dengan salah satu wilayah di Kabupaten Bondowoso bagian selatan yakni Desa Karang Melok yang merupakan daerah terpinggir yang berbatasan langsung dengan wilayah Sukowono Kabupaten Jember. Pendidikan di desa ini telah dapat dikatakan berkembang secara baik meskipun kebanyakan warga desa pada umumnya lebih mementingkan life skill dibandingkan dengan pentingnya tingkat pendidikan.

Warga Desa Karang Melok yang sebagian besar warganya bermatapencaharian sebagai buruh tani kini telah memiliki kesadaran yang tinggi tentang arti pentingnya pendidikan, hal ini dapat dilihat dengan berdirinya gedung sekolah di sekitar desa dan pada waktu penerimaan peserta didik baru. Warga desa sangat antusias dalam mendaftarkan anaknya untuk dapat mengenyam bangku pendidikan meskipun sekolah yang dituju masih belum melakukan penerimaan peserta didik baru. Desa Karang Melok memiliki beberapa gedung sekolah yang sampai saat ini aktif dan tidak pernah mengalami kekurangan peserta didik. Gedung sekolah yang berdiri di Desa Karang Melok diantaranya 1 Taman Kanak-Kanak yaitu TK Kartika, 2 PAUD yaitu PAUD Al-Barokah dan PAUD Manbaul Huda, 2 SD yaitu SDN Karang Melok 1 dan SDN Karang Melok 2, dan 1 Pesantren yang memiliki pendidikan formal. Dengan adanya Taman Kanak-Kanak dan PAUD di Desa Karang Melok menumbuhkan kerjasama dalam penerimaan peserta didik baru untuk ke jenjang pendidikan selanjutnya yakni Sekolah Dasar.

Tingkat pendidikan warga Desa Karang Melok sampai akhir 2017 yang lalu dapat dilihat dari tabel berikut:

Berdasarkan tabel tingkat pendidikan diatas dapat disimpulkan bahwa warga Desa Karang Melok pada umumnya telah sadar akan pentingnya pendidikan hal ini dapat di lihat dari lulusan SMA/MA sebanyak 303 dan Sarjana sebanyak 34. Dari jumlah warga Desa Karang Melok sebanyak 3028 penduduk, yang mengenyam pendidikan sampai tahun 2017 telah mencapai angka 2261 penduduk. Peningkatan dalam kesadaran akan pendidikan ini merupakan peningkatan yang baik, sebab dengan kesadaran tersebut dapat menciptakan generasi yang baerilmu dan dapat membangun bangsa menjadi lebih baik.

0 0 0
Lewat ke baris perkakas