Perikanan

Bidang perikanan merupakan salah satu pekerjaan sebagian masyarakat Desa Karangmelok. Ada 3 orang masyarakat Desa Karangmelok yang bekerja di bidang perikanan yang salah satunya adalah keluarga Bapak Salim. Keluarga Bapak Salim menjalankan bisnis perikanan di Dusun Jawa Desa Karangmelok yang sudah berjalan sekitar 2 tahun. Lokasi kolam ikan Bapak Salim berada di samping rumah yang seluas 12x10m2.

Ikan yang dibudidayakan oleh keluarga Bapak Salim ini diberi pakan pelet/konsentrat. Bisnis ikan tersebut dijalankan dengan dibantu oleh anak dan istrinya. Ada dua jenis ikan yang dibudidayakan oleh Bapak Salim, yang mana terdiri dari ikan hias dan ikan konsumsi. Ikan hias yang dibudidayakan oleh keluarga Bapak Salim adalah seperti ikan koi, ikan cupang, ikan mas, ikan komet dan lain sebagainya. Sedangkan ikan konsumsi terdiri dari ikan lele, ikan gurami, ikan wader, ikan mujaer, dan lain sebagainya.

Bapak Salim juga memproduksi bibit ikan yang dijual ke pembeli yang datang ke lokasi budidaya ikannya. Budidaya ikan yang dilakukan oleh Bapak Salim sudah terkenal di seluruh daerah Bondowoso bahkan hingga keluar dari daerah Bondowoso. Kegiatan budidaya ikan tersebut juga menarik perhatian Dinas Perikanan Kabupaten Bondowoso untuk membantu mengembangkan bisnis ikan yang telah dijalankan selama ini.

0 0 0
Lewat ke baris perkakas