Pertanian

Secara umum, pertanian merupakan suatu kegiatan manusia dalam memanfaatkan sumber daya hayati untuk dapat menghasilkan bahan pangan, sumber energi, bahan baku industri dan untuk mengelola lingkungannya.  Seperti halnya di desa Karangmelok yang merupakan desa yang warganya mayoritas bekerja sebagai petani atau buruh yang mengelola lahan yang luas untuk dilakukan budidaya tanaman. Penduduk desa karangmelok saat ini banyak yang mananam tembakau dan tebu, selain itu masyarakat juga ada yang menanam padi dan cabai untuk menunjang perekonomian mereka. Sebagian masyarakat karangmelok ada yang sudah menerapkan pertanian berbasis ramah lingkungan yang dapat dikenal dengan pertanian organik.

Masalah utama bidang pertanian di desa Karangmelok yaitu kurangnya kesadaran masyarakat akan kerusakan lingkungan yang ditimbulkan akibat penggunaan bahan kimia yang berlebihan. Masyarakat desa Karangmelok banyak berasumsi bahwa penggunaan bahan kimia dapat meningkatkan produksi pertanian, sehingga minat masyarakat untuk beralih ke pertanian yang ramah lingkungan kurang. Dengan adanya masalah ini, kelompok Tani Karya Tani 02 membuat suatu pelatihan pertanian dan perdesaan swadaya untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul di desa Karangmelok

Salah satu kelompok tani di desa Karangmelok yang sudah menerapkan pertanian yang ramah lingkungan yaitu Karya Tani 02. Mereka adalah suatu kelompok tani yang menerapkan pertanian organik yang mana telah mendapatkan penghargaan sebagai petani kreatif di Indonesia. Karya Tani 02 ini diketuai oleh Bapak Buharto yang merupakan pakar pertanian berbasis ramah lingkung atau organik. Selain itu Bapak Buharto juga memproduksi berbagai macam produk-produk pertanian yang ramah lingkungan.

0 0 0
Lewat ke baris perkakas