PKK

Gerakan PKK bertujuan memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur. Tim Penggerak PKK berada di tingkat pusat sampai dengan desa, PKK biasanya diketuai oleh isteri Pimpinan Daerah (Gubernur, Walikota, Camat, Kepala Desa), secara fungsional. Dapat dikemukakan bahwa kunci berkembangnya program dan kegiatan PKK, justru ada peran nyata diwujudkan oleh istri Pimpinan Daerah.  Kegiatan PKK di Desa Karangmelok, Kecamatan Tamanan Bondowoso  dilakukan sekali dalam sebulan pada hari Sabtu.  Kegiatan ini dilakukan di Musholla kediaman Ibu Indrawati atau Ibu Kepala Desa sekaligus pemimpin dari PKK yang ada di Desa Karangmelok.

Anggota PKK atau Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga terdiri dari ketua Ibu Indrawati, sekretaris yakni Ibu Lutfiah dan wakilnya yaitu Ibu Supiyati. Sedangkan Bendahara yaitu Ibu Wiwin Candra Dewi, yang merupakan anggota inti dari kegiatan PKK yang ada di Desa Karangmelok.  PKK ini juga berjasa memajukan desa dengan membuat masyarakat menjadi lebih kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan kemampuan ibu-ibu yang ada di Desa karangmelok.

Kegiatan yang dilakukan PKK ini sangat membantu mensejahterakan masyarakat sekitar Desa Karangmelok dengan keterampilan yang ada. Dengan mengajak masyarakat sekitar untuk membuat barang home made, makanan maupun kue yang dapat diperjual belikan. Contoh kegiatan yang dilakukan ibu PKK ini adalah membuat taplak dari kain perca, kerja bakti membersihkan makam di Desa Karangmelok, membuat kue dan kegiatan istigosah. Membuat taplak dari kain perca ini juga sudah ada yang dapat diperjual belikan namun dengan stok yang terbatas karena dilakukan dengan cara manual. Kegiatan membersihkan makam yang ada di Desa Karangmelok ini juga termasuk kegiatan ziarah atau pengiriman doa kepada para leluhur yang telah mendahului kita. Selain kegiatan tersebut, ibu-ibu PKK yang ada di Desa Karangmelok ini juga melakukan lomba lingkungan antar Kecamatan yang ada di kabupaten Bondowoso.

0 0 0
Lewat ke baris perkakas