Sejarah BUMDes

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah sebuah perusahaan yang dikelola oleh masyarakat desa, yang kepengurusannya terpisah dari pemerintah desa. Dengan dikelola oleh warga masyarakat yang memiliki jiwa wirausaha, diharapkan pembentukan BUMDes ini nantinya akan menghasilkan pendapatan asli desa yang berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat desa.

Beranjak dari hal tersebut Pemerintah Desa Karangmelok merasa perlu membentuk BUMDes dan kepengurusannya demi kelancaran pengelolaan aset desa dan penggalian potensi-potensi yang ada di desa. Sebagai tindak lanjut dari hal itu maka pemerintah desa mengadakan Musyawarah Desa (MUSDES) dan di hadiri oleh seluruh perwakilan masyarakat Desa Karangmelok pada tanggal 10 Juni 2016 yang bertempat di Kantor Desa Karangmelok.

Setelah resmi BUMDes dan kepengurusannya terbentuk, maka pengurus segera melakukan rapat tertutup dengan agenda penyusunan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) BUMDes, yang kemudian diajukan dan disahkan pada rapat terbuka yang dihadiri oleh Pemerintah Desa, BPD, Tim Perumus dan perwakilan masyarakat se-Karangmelok. Rapat ini menghasilkan banyak keputusan yang berpengaruh besar pada kelancaran BUMDes. Diantaranya penetapan AD ART BUMDes, termasuk penetapan nama BUMDes yaitu BUMDes Karangmelok Jaya.

0 0 0
Lewat ke baris perkakas