Sumur Bor

Karangmelok memiliki potensi yang sangat luar biasa yaitu sumber air. Potensi air di Desa Karangmelok sudah dapat dijamin kualitasnya karena sudah di uji oleh pihak peneliti air beberapa kali. Air di Desa Karangmelok merupakan air yang paling bagus di seluruh daerah Bondowoso sehingga berpotensi untuk dijadikan produk air minum kemasan yang selanjutnya akan diberi nama “ASKA” atau Air Sumber Karangmelok Asli. Penggalian potensi mengenai sumber air ini pertama kali dicetuskan oleh kepala Desa Karangmelok yaitu Bapak Kuswijayakepala desa Karangmelok.

Air ASKA juga di salurkan ke seluruh warga Desa Karangmelok melalui pipa. Manfaat penyaluran air bersih tersebut dapat dirasakan oleh seluruh warga Desa Karangmelok. Air tersebut dimanfaatkan oleh warga untuk keperluan minum, mandi, mencuci baju, dan lain sebagainya. Warga yang ingin memanfaatkan air ASKA untuk minum dapat langsung datang ke lokasi sumber air. Lokasi sumber air ASKA berada di Dusun Krajan Desa Karangmelok. Sumber air tersebut dibangun dengan menggunakan Dana Desa tahun 2015 lengkap dengan rumah produksi air minum.

Sumber air bersih ASKA dikelola oleh anggota BUMDes Karangmelok yang diketuai oleh Bapak Rahmad Hidayat.  Usaha pembuatan produk air minum dalam kemasan ini masih sedang dalam proses karena memerlukan biaya yang cukup mahal. Sementara itu, dana yang ada saat ini masih digunakan untuk membeli mesin yang akan digunakan untuk pembuatan air minum dalam kemasan.

0 0 0
Lewat ke baris perkakas